Energi Gratisan

Kemarin di ajak ama mas quddus bantu di seminar dia tentang hemat dan pemerdayaan energi. itu topik yg selalu bikin aq jengkel mengingat setiap hari aq kepanasan saat kerja di lapangan. Apalagi minggu2 kemaren, cuaca di surabaya ama sidoarjo bener2 panas, yaaa katanya posisi kita ada 7 derajat jatuhnya sinar matahari ke bumi. tidak 7 derajat aja, surabaya udah panas, apalagi 7 derajat.

Menurut narasumber sih energi itu mahal, krn :
1. Energi itu diambil dengan biaya yang tidak sedikit. Seperti minyak bumi dan batubara harus menggunakan peralatan canggih dan tenaga yg profesional.

2. Proses mengolah sumber energi menjadi energi yg kita gunakan juga menggunakan biaya yg banyak, seperti Minyak mentah diolah menjadi berbagai macam jenis bahan bakar, solar, bensin, dan lain. Contohnya lagi listrik..dari batubara di buat menjadi sebuah listrik membutuhkan proses yg panjang dan tetep butuh biaya tidak sedikit

3. Energi yang udah terolah siap digunakan, juga membutuhkan biaya untuk sampai di rumah kita.

4. Energi yg selama kita ini terbatas, maka semakin sedikit energi yg kita dapat semakin mahal alias harganya selalu naik...waaaah

Jadi kesimpulan, kalo bbm naik tuh lumrah....maksudnya apa bapak ini.....kasihan ibu ku doong, tiap hari bingung mikirin belanjaan hi..hi..

kenapa kita gak pakai energi yang tinggal pakai, dan gratiiis ngambilnya..cuman kita harus beli alatnya aja..dan langsung kita nikmati tanpa alat perantara, jadi harga bisa kita tekan.

Bagaimana dengan "Matahari"
Kita yang tinggal di garis katulistiwa, energi ini melimpah ruah. selama ini matahari hanya digunakan untuk menjemur pakaian atau ikan asin hi..hi.. ada lagi, selalu membuat kita berkeringat, ini sih baik untuk kita yang lagi diet, cocok tuh.

Panel Surya deh pilihanku....aq selalu berangan-angan klo bangun rumah, aq mau pasang panel surya di atap rumah. panel surya lebih murah daripada harga sebuah mobil baru. Coba klo kita beli mobil, kita juga mengeluarkan uang lagi tuk bensin, tol, parkir, cuci mobil dsb. Jadi klo udah punya mobil mending jangan beli mobil lagi deh..coba beli panel surya, banyak keuntungannya yg kita dapat seperti :

1. Kita gak usah kena giliran pemadam listrik, udah enak2 nyuci baju di mesin cuci trus listrik mati, trus di rumah gak ada mbak, waaak apa gak panik tuh

2. kita gak usah ngelakuin hemat energi yg diterapkan pemerintah, matikan dua lampu tiap jam 8-10 malem, padahal itu kan malam hari justru kita butuh penerangan, lah ini kok tambah suruh matikan, apa gak gelap. naaah disini kita gak perlu ngelakuin itu.

3. Namanya juga sumber energinya gratis "sinar matahari", jadi kita gak perlu bayar tagihan listrik yg semakin hari semakin naik aja. Uang yang seharus untuk bayar tagihan, disini bisa kita tabung atau buat kerjaan yg aq suka yaitu "belanjaaaa" hi..hi..